Kamis, 16 Juni 2011

Pantai Natsepa

Ambon memang terkenal dengan pantai berpasir putih yang sangat memukau. Salah satu wujud pesona pantai berpasir putih tersebut adalah Pantai Natsepa, pantai terpopuler di Ambon yang hanya berjarak 14 kilometer dari ibukota.
Penduduk Ambon bahkan berkata kalau turis tidak berkunjung ke pantai Natsepa, berarti belum ke Ambon.
Pantai Natsepa terletak di Salahutu, Maluku Tengah. Pantai dengan pasir putih yang sangat luas ini sangat cocok mengisi hari-hari santai Anda yang senang berjemur, berenang, bermain pasir, dan berbagai aktivitas pantai lainnya. Debur ombak yang tenang membuat pantai ini bersahabat bagi para perenang pemula.
Akses menuju pantai ini amat mudah.
Anda bisa menggunakan transportasi umum dari stasiun di kota Ambon ke Suli dengan harga Rp 5.000 selama setengah jam. Transportasi umum ini mulai beroperasi pk 05.00-07.00 WIT. Jika menggunakan kendaraan pribadi, hanya membutuhkan 20 menit.
Harga tiket masuk pun sangat terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 1.000 per orang. Adapun biaya parkir mobil adalah Rp 2.500 dan biaya parkir motor adalah Rp 1.500.
Di sore hari, Anda dapat menyewa perahu boat menuju seberang pantai untuk melihat aktivitas pengangkutan tripleks ke pabrik pengolahnya yang bernama Pabrik Tripleks Batu Gong yang berlokasi di Pantai Natsepa. Harga sewa perahu adalah Rp 20.000 untuk satu jam. Daya tampung perahu ini adalah 10-15 orang.
Berjalan ke luar pantai, Anda akan menemukan deretan para penjual rujak. Rujak Natsepa atau Rujak Suli (berasal dari Desa Suli) adalah rujak khas masyarakat Ambon. Rujak ini dijual dengan harga Rp. 5.000 per porsi, sangat pas menemani Anda menikmati keindahan pantai Natsepa.
Sekitar 700 meter dari pantai, Anda akan menemukan pasar ikan segar yang beroperasi menjelang malam. Ikan-ikan laut segar ini dijual para nelayan yang pergi melaut hingga pagi hari. Jika cuaca bagus, harga ikan sangatlah murah. Seekor ikan cangkalang seukuran tangan hanya Rp 5.000. Kalau cuaca sedang tak bersahabat, harga mencapai dua kali lipatnya.
Pendek kata, Anda tak boleh melewatkan pantai Natsepa jika berkunjung ke Indonesia Timur, khususnya Ambon. Pantai yang menjadi simbol kota Ambon ini terlalu indah untuk dilewatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar